
Hambatan yang dihadapi guru dalam pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran PKN pada siswa tunagrahita SMALB di SLB N Pahlawan Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu
Ada dua faktor penghambat dalam pengintegrasian pendidikan karakter pada pembelajaran PKN yaitu faktor guru dan faktor siswa.
1. faktor guru
a. Pada tahap perencanaan
Guru mengalami kesulitan dalam membuat silabus dan RPP yang berkarakter dan kesulitan dalam menentukan nilai-nilai karakter pada perencanaan pembelajaran.
b. Pada tahap pelaksanaan
1) Siswa tunagrahita cenderung pelupa
2) Waktu berkurang untuk menyampainkan materi berikutnya
3) Guru kesulitan dalam menyampainkan materi karena IQ siswa tunagrahita yang berada di bawah rata-rata
c. tahap penilaian
Guru hanya mengembangkan penilaian kognitif tanpa mengukur perkembangan karakter siswa.
2. Faktor siswa
Dari pengalaman peneliti mengajar pada siswa tunagrahita kelas X SMALB di SLB hambatan yang dihadapi guru peneliti adalah:
a. Kondisi psikologis siswa yang cenderung diam dan kurang aktif
b. IQ siswa yang berada di bawah rata-rata